Senin, 30 November 2015

Bertahan Hidup VS Bertumbuh

Pembaca yang berhati mulia ...

Tapi mengapa harus hanya bertahan hidup? Mengapa tidak lebih dari itu.

Jika Anda menjalani hidup hanya untuk melewati hari, minggu atau tahun, berarti tidak ada banyak hal yang menyenangkan dalam hidup Anda.
Kita semua bekerja terlalu kerjas. Bekerja terlalu lama dari apa yang kita sukai, khawatir akan masa depan, tidak pasti akan peran kita dan tujuan kita. Kita bekerja terlalu keras untuk berharap hanya sekedar bertahan hidup. Seharusnya tujuan kita adalah untuk sukses dan bahagia, bukan hanya sekedar lewat saja.
Mengapa banyak orang yang menggunakan pendekatan bertahan hidup ini? Karena secara genetik, kita memiliki sebuah reaksi otomatis untuk menghindari perubahan.
Melewati perubahan ini tidak mudah, tapi manfaatnya membuat Anda tidak stress, bekerja lebih sedikit, dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Menjalani kehidupan yang bahagia, menikmati apa yang Anda impikan.
Perubahan menjadi sesuatu yang momok bagi banyak orang. Menjadi sebuah ancaman. Membaca buku dan mengembangkan diri akan mendorong seseorang menghadapi perubahan yang akan terjadi, yang seharusnya tidak terjadi jika ia tidak ‘melihat’ adanya kondisi baru, jika ia hanya menjalani kehidupan apa adanya. Dan perubahan itu tidak nyaman. Ada yang membaca buku dan menyadari perlu melakukan perubahan, dan memutuskan lebih baik tidak melakukannya. Apapun alasannya, tidak melakukan dan melakukan sama-sama sebuah keputusan yang Anda ambil.
Dan ada juga yang lebih antisipatif, bahwa setelah membaca buku akan ada perubahan yang perlu dilakukan di luar zona nyaman saat ini sehingga mereka merasa malas untuk membaca dan melakukan perubahan. Jadi hanya membeli dan mengoleksinya saja.
Tapi jujurlah, mengapa ada dorongan membaca dalam diri Anda?

Mengapa membeli buku-buku yang Anda ingin baca, tapi tidak membacanya?

Walaupun Anda sudah memiliki skill yang mumpuni untuk bisa menguasai buku dalam waktu singkat, mengapa tidak melakukannya?
Bertahan hidup bukanlah sebuah tujuan. Kesuksesan trasformatiflah yang layak menjadi tujuan Anda. Untuk itu Anda dan saya, perlu mengubah paradigma. Memperluas wawasan. Memperbesar wadah dalam diri, sehingga tantangan yang muncul dalam kehidupan tidak membuat kita penuh dengan tekanan dan tidak bahagia. Tapi menghadapinya dengan mudah, santai dan memberikan hasil memuaskan.
Impian menunggu Anda. Dan tidak ada pilihan apakah harus mengembangkan diri atau tidak. Tapi seberapa cepat Anda mengembangkan diri sehingga impian ini “muat” masuk dalam wadah kehidupan Anda.
Bertumbuhlah, jangan sampai kejadian “Wake Up Call” hadir menyentil Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar